Saturday, July 14, 2012

#7HariMenulisTwitter [H-6] Trending Topic

#7HariMenulisTwitter

Kamis (12/7/12) hari penuh kesialan buat gue dan @adjii_, temen gue. Kita berdua berencana dateng ke acara Zildjian Day. Dari mulai berangkat sampe pulang apes terus. Yang paling parah adalah keujanan dan basah kuyup. Dan sekarang, gue flu berat. Mata gelap, idung meler, bersin engga berenti-berenti dari pagi.Rasanya engga enak banget, asli. Cerita lengkapnya bakal gue posting setelah proyek #7HariMenulisTwitter ini selesai ya.

Di #7HariMenulisTwitter hari ke-enam ini gue bakal ngebahas tentang Trending Topic.

Trending Topic adalah daftar topik yang paling ramai dibicarakan oleh para pengguna Twitter saat itu. Dan itu berasal dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan milik Prancis, Semiocast. Indonesia menempati posisi ke-lima untuk negara pengguna Twitter terbanyak di dunia.

Sumber dan gambar diambil dari : sini

Indonesia, engga jarang nyumbang trending topic worldwide. Trending topic-nya juga macem-macem. Dari yang masuk akal, sampe yang diluar batas pemikiran manusia.

Gue sempet bingung gimana caranya pihak Twitter nyeleksi mana yang trending topic atau engga. Setelah googling sana sini, gue mendapatkan beberapa petunjuk. Diantaranya :
  • Yang dibahas harus bisa dimengerti oleh semua orang. Jadi gini, kalo lo punya kata tapi yang ngerti cuma lo berdua doang sama temen lo, jangan harap bisa masuk trending topic.
  • Kadang kita suka ngeliat topik itu masih rame di timeline tapi udah engga jadi trending topic alias tergusur. Itu berarti akun yang ngebahas memang masih banyak, tapi, engga ada akun baru yang ngebahas. Ngerti engga? Sama, gue juga engga ngerti.
  • Topik bahasan yang udah basi engga bakal bisa jadi trending topic. Misalnya gini, kita mau bikin trending topic pemilukada putaran pertama. Nah, ini engga bisa karena momentumnya udah lewat. Jadi intinya, trending topic itu juga harus move on.
  • Twitter menghitung hanya satu akun. Walaupun kita nge-tweet dengan hashtag yang sama sampe ribuan kali nge-tweet. Tetep aja yang dihitung cuma satu.
  • Tweet yang lebih dari satu hashtag dalam satu kali tweet juga engga dihitung. Terus, make hashtag tanpa ada kalimat (isi) pun engga dihitung.

Jadi kira-kira seperti itulah Twitter menyaring mana yang masuk trending topic atau engga.

Berhubung flu gue tambah parah, segini dulu #7HariMenulisTwitter hari ke-enam ini. Ujung lobang idung gue mulai lecet nih kegesek tissue terus dari tadi tadi. Oke ya.

Sampai jumpa di #7HariMenulisTwitter hari ke-tujuh.

***
Krisna Pratama
@milikpribumi
milikpribumi[at]gmail[dot]com


4 comments:

  1. ohw..begitu..#Angguk2
    makanya, jgn suka main hujan, kna flu kan.
    btw, flu apa ne??hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga tau nih flu apa. Influenza kali :))

      Oya, tengkyu ya udah mampir.

      Delete
  2. Oke sampe Jumpa, ditungu proyeknya Bro. Sukses! :D

    ReplyDelete