Tuesday, July 3, 2012

Hal Kecil Yang (sebenarnya) Bisa Jadi Besar

Gue adalah orang yang sangat terbuka dengan berbagai jenis karya seni. Apapun itu bentuknya. Baik sekedar penikmat maupun pelaku didalamnya. Dan sekarang, gue lagi ‘kesurupan’ sama yang namanya stand up comedy. Stand up comedy adalah sebuah bentuk pertunjukan seni komedi. Dimana seorang Comic (stand up comedian) berdiri sendiri diatas panggung untuk menyampaikan materi dan membuat penonton tertawa.

Gue kenal stand up comedy sekitar tahun 2011. Itupun dari Youtube. Pertama kali liat, anjir, ini dia nih yang gue suka. Ngebacot sendirian tapi bisa lucu banget. Ajaibnya, materi yang diomongin itu beda dari yang lain. Bahasannya lebih detail dan mendalam. Bisa ngebongkar hal yang sebenernya ngga penting tapi bikin gue jadi mikir, “iya ya, bener juga ya” atau “gila, gue baru ngeh/kepikiran nih”.

Dulu gue pernah ‘kecemplung’ di ranah MLM. Tapi gue ngga ngerasa dirugiin. Gue ambil sisi positifnya aja. Begitupun dengan stand up comedy. Sekarang gue lagi ‘nyasar’ di suatu pulau yang bernama stand up comedy. Dan gue pun sama sekali ngga ngerasa dirugiin. Beruntung banget sekarang stand up comedy di Indonesia udah mulai berkembang. Mudah-mudahan ini bukan tren sesaat doang.

Awalnya gue berpikir hanya manusia yang terlahir dengan darah dan selera humor tingkat dewa yang dapat melakukan stand up comedy ini. Tapi ternyata ngga. Itu semua ada rumusnya. Berhubung gue sekarang lagi nulis buku (personal literature), rumus-rumus itu sangat ngebantu gue untuk ngembangin ide-idenya. Update buku gue bisa baca di sini. Iya, emang paragraf ini dikhususkan untuk promosi. Hahahaha.

Setelah baca berbagai artikel di internet, buku, dsb seputar stand up comedy, gue sangat setuju bahwa materi humor itu ngga bakal habis. Dan kalo kita peka, di dalam diri kita juga sedang bersemayam materi humor yang secara ngga sadar dia pengen banget lo anggep. Jadi intinya semua orang bisa lucu. Tapi jangan pernah mencoba untuk menjadi lucu.

Banyak istri buku, banyak anak baca…

PS :  Bekasi dan sekitarnya. Hadirilah #OpenMic @StandUpIndo_BKS di Coffee Toffee Kalimalang setiap hari Kamis jam 20.00 WIB (Waktu Indonesia bagian Bekasi). Gratis, tapi kalo jajan bayar sendiri.

***
Krisna Pratama Saputra
@milikpribumi
milikpribumi[at]gmail[dot]com

No comments:

Post a Comment